Tutorial Rainmeter
Rainmeter adalah salah satu desktop modding populer saat ini dikarenakan open source dan fitur modifikasinya.
Sampai tutorial ini ditulis Rainmeter sudah mencapai versi Rainmeter 2.1 bagi yang belum memilikinya silahkan [download] sedangkan versi Rainmeter 2.2 atau [download]
Berikut ini adalah salah satu cara untuk membuat skin Note untuk kita pelajari code dasarnya dan sekaligus praktek untuk membuatnya
MEMBUAT SKIN NOTE
MEMBUAT SKIN NOTE
Skin
yang akan kita buat adalah salah satu skin sederhana, yang pada dasarnya
terbuat dari beberapa block of code yang berbeda dan digabungkan menjadi
satu.masing-masing blok mewakili fungsi unik masing masing baik itu Measure
atau Meter.
Measure dapat diartikan
sebagai potongan code yang berisi informasi sedangkan Meter berfungsi
untuk menampilkan sesuatu. Skin ini juga memiliki beberapa fungsi
yang berbeda yaitu MeterStyle dan position formulas.
Semua skin terdiri dari dua type block, measures dan meter.
Untuk membuat kode ini bekerja, buka Notepad atau program serupa (saya menggunakan Notepad + +) dan menyimpan kode di sebuah file bernama Notes.ini dalam folder Skins Rainmeter di Dokumen Anda. Dalam folder yang sama Anda simpan
Notes.ini dan buat sebuah file file bernama notes.txt. Anda dapat menuliskan sesuatu di dalam file teks tersebut misalnya. "Hello Mas Bro!".
[Rainmeter]
Untuk membuat kode ini bekerja, buka Notepad atau program serupa (saya menggunakan Notepad + +) dan menyimpan kode di sebuah file bernama Notes.ini dalam folder Skins Rainmeter di Dokumen Anda. Dalam folder yang sama Anda simpan
Notes.ini dan buat sebuah file file bernama notes.txt. Anda dapat menuliskan sesuatu di dalam file teks tersebut misalnya. "Hello Mas Bro!".
[Rainmeter]
Pada bagian ini Anda dapat menentukan sendiri Level Update,
Nama Anda, dan hal lainnya sesuai
[Rainmeter]
Author=Mas Broccoli
Update=1000
[Variabel]
Bagian ini berisi semua variabel yang akan digunakan di skin. WIDTH dan HEIGHT adalah dimensi dari gambar latar belakang. NOTESPATH memberitahu Rainmeter teks file apa yang akan ditampilkan. berikunya menentukan ukuran, font, dan warna teks yang ditampilkan. TITLE adalah judul dari skin.
[Rainmeter]
Author=Mas Broccoli
Update=1000
[Variabel]
Bagian ini berisi semua variabel yang akan digunakan di skin. WIDTH dan HEIGHT adalah dimensi dari gambar latar belakang. NOTESPATH memberitahu Rainmeter teks file apa yang akan ditampilkan. berikunya menentukan ukuran, font, dan warna teks yang ditampilkan. TITLE adalah judul dari skin.
[Variabel]
WIDTH=180
HEIGHT=200
NOTESPATH=#CURRENTPATH # notes.txt
FONT=Trebuchet MS
TEXTCOLOR=255.255.255
FONTSIZE=10
FONTSIZE2=8
TITLE=NOTE
[MeasureNOTES]
Ini adalah bagian dari kode yang memberitahu Rainmeter untuk menampilkan catatan. Seperti yang Anda lihat, itu referensi NOTESPATH. Untuk referensi variabel Anda harus menyertakan nama variabel dengan # variableName #. FileFilter berfungsi untuk mencari file teks.
[MeasureNOTES]
Measure= Plugin
Plugin= PluginsQuotePlugin.dll
Pathname= # NOTESPATH #
Subfolder=1
FileFilter=*. Txt
Sepatator= ¶
[BackGround]
Kotak yang ditampilkan dibalik teks. X dan Y adalah posisi mula skin dalam horisontal dan vertikal sedangkan H dan W adalah tinggi dan lebar. SolidColor mendefinisikan warna, dalam hal ini hitam, dan transparansi warna.
[BackGround]
Meter=Image
WIDTH=180
HEIGHT=200
NOTESPATH=#CURRENTPATH # notes.txt
FONT=Trebuchet MS
TEXTCOLOR=255.255.255
FONTSIZE=10
FONTSIZE2=8
TITLE=NOTE
[MeasureNOTES]
Ini adalah bagian dari kode yang memberitahu Rainmeter untuk menampilkan catatan. Seperti yang Anda lihat, itu referensi NOTESPATH. Untuk referensi variabel Anda harus menyertakan nama variabel dengan # variableName #. FileFilter berfungsi untuk mencari file teks.
[MeasureNOTES]
Measure= Plugin
Plugin= PluginsQuotePlugin.dll
Pathname= # NOTESPATH #
Subfolder=1
FileFilter=*. Txt
Sepatator= ¶
[BackGround]
Kotak yang ditampilkan dibalik teks. X dan Y adalah posisi mula skin dalam horisontal dan vertikal sedangkan H dan W adalah tinggi dan lebar. SolidColor mendefinisikan warna, dalam hal ini hitam, dan transparansi warna.
[BackGround]
Meter=Image
X=0
Y=0
W=#WIDTH#
H=#HEIGHT#
SolidColor=0,0,0,100
[TextStyle]
Ini adalah bagian untuk Style. Ini bukanlah meter atau measure Ini hanya bagian lain dari kode meter untuk direferensi. Style ini mendefinisikan beberapa parameter yang umum untuk Title dan Notes. Hal ini membuat coding lebih mudah dengan mereferensi blok kode daripada memiliki baris kode yang identik dalam meter yang berbeda.
[TextStyle]
FontColor=#TEXTCOLOR#
StringStyle= Bold
Antialias=1
FontFace=#FONT#
FontSize=#FONTSIZE#
StringAlign=CENTER
[Title]
Menampilkan judul dan mereferensi [TextStyle], sehingga [Title] memiliki semua atribut yang diperlukannya. Setiap meter membutuhkan posisi X dan Y. Yang menarik tentang hal ini adalah bagaimana dimensi X diatur. X= (#WIDTH#/2) berarti Title akan selalu relatif ditengah daripada lebar skin. Tentu saja, posisi bisa saja berada pada angka atau formula yang lain. Jika Anda menggunakan formula posisi, itu harus dalam tanda kurung, jika tidak maka tidak akan bekerja. Dan formula bisa jadi sangat rumit bila Anda menginginkannya.
[Titlel]
Meter=String
MeterStyle=TextStyle
X= (#WIDTH#/2)
Y=10
Text=#TITLE#
LeftMouseDownAction=!Execute ["#NOTESPATH#"]
[NoteText]
Menampilan apa yang [MeasureNotes] baca dari file teks. Karena kita ingin agar teks berada dalam background kita perlu mengatur dimensi Height dan Width meter. Y = 5R yang artinya adalah lima piksel bawah meter yang di atasnya. Saya membuat batasan 5 piksel, sehingga WIDTH menjadi (#LEBAR #-10) dan X=5. 5 pixel di sebelah kiri dan 5 di sebelah kanan, jadi kurangi 10 dari lebar latar belakang meter. Untuk mengatur ketinggian begitu mudah karena pada dasarnya saya harus mengira-ngira sendiri sampai saya mendapatkan posisi yang diinginkan.
[NotesText]
Meter=String
MeasureName=MeasureNOTES
MeterStyle=TextStyle
X=5
Y=5R
H= (#HEIGHT#-40)
W= (#WIDTH#-10)
StringAlign=LEFT
FontSize=#FONTSIZE2#
ClipString=1
Y=0
W=#WIDTH#
H=#HEIGHT#
SolidColor=0,0,0,100
[TextStyle]
Ini adalah bagian untuk Style. Ini bukanlah meter atau measure Ini hanya bagian lain dari kode meter untuk direferensi. Style ini mendefinisikan beberapa parameter yang umum untuk Title dan Notes. Hal ini membuat coding lebih mudah dengan mereferensi blok kode daripada memiliki baris kode yang identik dalam meter yang berbeda.
[TextStyle]
FontColor=#TEXTCOLOR#
StringStyle= Bold
Antialias=1
FontFace=#FONT#
FontSize=#FONTSIZE#
StringAlign=CENTER
[Title]
Menampilkan judul dan mereferensi [TextStyle], sehingga [Title] memiliki semua atribut yang diperlukannya. Setiap meter membutuhkan posisi X dan Y. Yang menarik tentang hal ini adalah bagaimana dimensi X diatur. X= (#WIDTH#/2) berarti Title akan selalu relatif ditengah daripada lebar skin. Tentu saja, posisi bisa saja berada pada angka atau formula yang lain. Jika Anda menggunakan formula posisi, itu harus dalam tanda kurung, jika tidak maka tidak akan bekerja. Dan formula bisa jadi sangat rumit bila Anda menginginkannya.
[Titlel]
Meter=String
MeterStyle=TextStyle
X= (#WIDTH#/2)
Y=10
Text=#TITLE#
LeftMouseDownAction=!Execute ["#NOTESPATH#"]
[NoteText]
Menampilan apa yang [MeasureNotes] baca dari file teks. Karena kita ingin agar teks berada dalam background kita perlu mengatur dimensi Height dan Width meter. Y = 5R yang artinya adalah lima piksel bawah meter yang di atasnya. Saya membuat batasan 5 piksel, sehingga WIDTH menjadi (#LEBAR #-10) dan X=5. 5 pixel di sebelah kiri dan 5 di sebelah kanan, jadi kurangi 10 dari lebar latar belakang meter. Untuk mengatur ketinggian begitu mudah karena pada dasarnya saya harus mengira-ngira sendiri sampai saya mendapatkan posisi yang diinginkan.
[NotesText]
Meter=String
MeasureName=MeasureNOTES
MeterStyle=TextStyle
X=5
Y=5R
H= (#HEIGHT#-40)
W= (#WIDTH#-10)
StringAlign=LEFT
FontSize=#FONTSIZE2#
ClipString=1
Selamat mencoba
dan jangan takut untuk bereksperimen, karena itu adalah hal yang paling menarik
untuk dipelajari. Dan untuk lebih amannya sebelum memodifnya ada baiknya bila
anda menyimpan copy dari file aslinya sebelum mengutak-atik.
[Catatan]
Anda dapat mengedit dari skin yang udah berhasil ditampilkan dengan klik kanan
Edit Skin, edit dan simpan file anda dan refresh skin dengan klik kanan refresh
skin
thank mas broc atas infonya!!
BalasHapusEhmmmm.....
BalasHapusmasih kurang jelas masalah posisi
@ Andien
BalasHapuscoba utak atik nilai position dan refresh
nanti akan terlihat perbedaannya
semoga bisa membantu
awesome .....
BalasHapusthanks man!
lagi dong tutorialnya
thanks gan!
BalasHapus